Mimika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, mengembangkan wisata berbasis keindahan alam guna menarik wisatawan mancanegara dari kawasan ASEAN datang ke daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Jayapura Ted Mokay melalui sambungan telepon di Sentani, Sabtu, mengatakan wisata unggulan yang dapat menarik wisatawan ASEAN yakni yang berbasis kekayaan alam.

"Potensi wisata alam yang menjadi unggulan untuk menarik wisatawan dari negara-negara ASEAN yakni Bird Watching Isyo Hill's di Kampung Rephang Muaif," katanya.

Menurut Ted, objek wisata ini dikembangkan oleh putra asli dari kampung tersebut dengan memanfaatkan kekayaan alam yakni kawasan hutan yang luas sebagai habitat Burung Cenderawasih.

“Pemerintah Kabupaten Jayapura akan membangun sebuah taman di lokasi Birdwatching Isyo Hill’s, kami beri nama Noken Park,” ujarnya.

Dia menjelaskan pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi kepada Alex Waisimon selaku pengelola yang merupakan masyarakat adat setempat telah memperkenalkan wisata Kabupaten Jayapura kepada dunia.

"Sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam mengembangkan wisata berbasis alam maka akan dibangun Noken Park dan juga gorong-gorong masuk ke kawasan tersebut," katanya lagi.

Dia menambahkan fokus pemerintah saat ini yakni peningkatan produktivitas masyarakat melalui sektor-sektor unggulan yang dimiliki Kabupaten Jayapura guna menarik wisatawan dari kawasan ASEAN.

“Objek wisata Birdwatching Isyo Hill’s ini, merupakan bagian dari sektor pariwisata juga ekonomi yang perlu mendapat perhatian pemerintah agar terjadi peningkatan produktivitas di masyarakat kita,” ujarnya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024