Jayapura (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mappi, Papua Selatan mengadakan lomba cipta menu pangan lokal bagi kaum ibu Papua di daerah itu untuk memeriahkan HUT ke-78 RI.

Penjabat Ketua TP-PKK Kabupaten Mappi Stefanie Gomar dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan pelaksanaan lomba cipta menu tersebut bertujuan untuk memberikan kebebasan berkreasi bagi mama-mama Papua setempat dengan memanfaatkan pangan lokal sehingga bisa menghasilkan lebih banyak karya.

"Ini juga bertujuan agar apa yang kami konsumsi setiap hari di rumah itu bisa lebih bervariatif dengan penyajian menu yang berbeda," katanya.

Menurut Stefanie, kegiatan itu juga menjadi momen di mana mama-mama Papua bisa saling berbagi pengalaman terkait dengan pemanfaatan pangan lokal dengan berbagai menu.

"Kami harapkan ke depan ini bisa diterapkan di rumah masing - masing demi pemenuhan gizi keluarga yang seimbang," ujarnya.

Dia menjelaskan adapun variabel penilaian yakni pada lomba tersebut meliputi kreativitas pengembangan resep, cita rasa, tampilan dan aspek keamanan pangan, penyajian makanan serta masa penyimpanan makanan.

"Hal itu yang menjadi komponen penilaian namun tujuan utamanya adalah bagaimana kami berkreasi dengan memanfaatkan pangan lokal dan menjadikan satu karya yang bisa kita bagikan kepada sesama," katanya lagi.

Dia menambahkan pemenang pada lomba tersebut akan mendapatkan uang pembinaan dari panitia HUT ke-78 RI dan juga dari TP-PKK akan memberikan stimulan dan bantuan berupa paket pangan lokal kepada seluruh peserta yang sudah berpartisipasi mengikuti lomba cipta menu.

Pelaksanaan lomba cipta menu pangan lokal yang dilakukan TP PKK berkolaborasi bersama panitia HUT ke-78 RI di Kabupaten Mappi berlangsung pada Rabu 2 Agustus 2023.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024