Jayapura (ANTARA) - Oscar Oswald Wambrauw terpilih menjadi Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, periode 2023-2027, dalam rapat senat tertutup yang berlangsung pada Kamis.

Ketua Senat Uncen Prof Baltasar Kambuaya di Jayapura, Kamis, mengatakan Oscar Wambrauw terpilih menjadi Rektor Uncen menyisihkan dua calon lainnya yakni Frederik Sokoy dan Mesak Iek.

"Perolehan suara yang diraih Oscar Wambrauw sebanyak 44 suara, sementara Frederik Sokoy 10 suara, dan Mesak Iek mendapat tiga suara," katanya.

Menurut Kambuaya, secara keseluruhan total suara berjumlah 57 suara, meliputi Kementerian Pendididikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) 20 suara dan 37 suara dari Senat Uncen.

Dia menjelaskan setelah dilakukan tahapan pemilihan, kemudian dilanjutkan dengan proses pelantikan. 

"Kami menunggu keputusan menteri (Mendikbudristek), karena secara aturan pelantikan dilakukan satu bulan pasca-pemilihan, tetapi semua tergantung keputusan menteri," ujarnya.

Pihaknya berharap agar setelah dilantik rektor yang baru dapat menjalankan tugas dengan baik, terutama dalam pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Uncen.

"Karena menjadi rektor bukan pekerjaan yang mudah, namun akan diperhadapkan dengan berbagai tantangan," kata Kambuaya.

Rektor Uncen terpilih Oscar Oswald Wambrauw, kata dia, akan mempersiapkan program 100 hari kerja, tetapi prioritasnya tentu mengarah pada implementasi Badan Layanan Umum (BLU).

"Sehingga enam bulan ke depan kami harus mempersiapkan langkah-langkah untuk bagaimana melaksanakan status Uncen sebagai BLU," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024