Sentani (ANTARA) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Kenius Kogoya mengatakan momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) menjadi semangat untuk memasyarakatkan olahraga di daerah itu.

"Apalagi Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun telah mengagendakan setiap hari Jumat untuk olahraga bersama ini merupakan semangat untuk menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga," katanya saat mengikuti olahraga bersama Penjabat Gubernur Papua bersama forkopimda setempat di Sentani, Jumat.

Menurut Kogoya, pihaknya berharap agar Keputusan Presiden terkait Papua sebagai provinsi olahraga bisa segera dikeluarkan karena atlet Papua selalu memberikan kontribusi bagi kontingen Indonesia baik pada ajang SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

Dia menjelaskan rencana Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk berkantor di Papua sehingga kesempatan itu menjadi kesempatan yang baik untuk pihaknya guna membahas Kepres terkait Papua sebagai provinsi olahraga.

"Sehingga melalui momen Haornas 2023 bisa menjadi semangat kami juga untuk terus berolahraga tetapi juga semangat mempersiapkan diri menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya berharap kepada para atlet dan seluruh pelaku olahraga di Papua tidak menurunkan semangat terutama menghadapi ajang PON XXI di Aceh dan Sumut.

"Selain itu kami juga berharap Haornas tahun ini menjadi momen kebangkitan prestasi olahraga Papua di pentas nasional," katanya.

Dia mengatakan pihaknya menilai semangat memasyarakatkan olahraga yang didengungkan oleh Pemerintah Provinsi Papua menjadi langkah yang positif untuk kemajuan olahraga di Bumi Cenderawasih tersebut.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024