Jayapura (ANTARA) - Tim kesehatan Polri tergabung dalam Satgas Rasaka Cartenz 2023 memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kampung Kago, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Kasatgas Humas Rasakan Cartenz Komber Ignatius Benny Prabowo di Jayapura, Minggu mengatakan, tim yang dipimpin Bripda Muhammad Satrio Adi, mendatangi Kampung Kago, Distrik Ilaga, untuk melakukan pemeriksaan terhadap warga.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui program keladi sagu bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sering kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tim kesehatan tersebut melakukan kunjungan dari rumah ke rumah warga dengan memberikan layanan kesehatan gratis, yang fokus pada penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), dan masalah stunting.

Dari pemeriksaan tersebut ditemukan Yomina Murib(45 th) menderita hipertensi dan Yan Alom, ( 55) mempunyai keluhan ISPA, kata Kombes Benny.

Diakui, dari data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per akhir tahun 2022 menunjukkan bahwa Kabupaten Puncak masih memiliki angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tergolong rendah, yakni di bawah 60.

Dengan penerapan Program Keladi Sagu ini, diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat di wilayah ini.

Pemeriksaan kesehatan dilaporkan dilaksanakan Sabtu (9/9) , kata Kombes Bemny yanh juga menjabat Kabid Humas Polda Papua.

Bripda Satrio mengaku, pemeriksaan dengan mendatangi rumah warga itu untuk membantu meringankan warga akibat sakit yang dideritanya.

Selain mengobati, warga juga disarankan untuk beristirahat yang cukup dan menghindari aktivitas berat untuk mencegah memburuknya kondisi kesehatan mereka,"kata Bripda Satrio.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tim kesehatan Satgas Rasaka Cartenz obati warga Kampung Kago

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024