Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengedukasi masyarakat di daerah setempat untuk tidak membakar limbah sampah atau pohon kayu guna mencegah terjadinya kebakaran hutan.

"Warga Biak Numfor diimbau tidak buang puntung rokok di areal rumput atau pohon di kiri kanan jalan sebab di saat cuaca terik sangat rentan kebakaran," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Biak Numfor Iwan Ismulyanto menanggapi ANTARA di Biak, Selasa,terkait upaya pencegahan kebakaran hutan.

Iwan mengatakan dibutuhkan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat untuk ikut serta menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Apalagi jika cuaca di Biak sedang panas terik matahari, jika warga membuang puntung rokok dengan sengaja di areal rumput ilalang akan sangat berbahaya.

Ia berharap setiap warga Biak Numfor berkewajiban membantu pemerintah daerah menjaga kota Biak bersih, sehat, nyaman dan hijau.

Adanya kepedulian warga ikut menjaga kebersihan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan di tempat

"Di sejumlah lokasi strategis pinggir jalan kota Biak pihak DLH sudah menyediakan bak kontainer sebagai penampung sampah," katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Biak Otto PH Wanggai mengatakan, untuk mengantisipasi kemarau dan mencegah kebakaran hutan, pihaknya sudah menyiagakan tenaga terlatih dari unit pemadam kebakaran BPBD.

Upaya lain dilakukan BPBD mencegah kebakaran dengan menyiapkan hidran air bersih.

"BPBD Biak juga menyiagakan mobil pemadam kebakaran dan tangki air bersih untuk mengantisipasi kemarau dan mencegah kebakaran hutan," sebut Otto Wanggai.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024