Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah mengharapkan komoditas lokal yang ada di wilayahnya dapat menjadi salah satu daya tarik untuk wisata kuliner bagi masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika Yopi Toisuta, di Timika, Rabu, mengatakan jika kuliner berbahan dasar produk lokal dapat dikemas dengan baik maka dapat menjadi salah satu daya tarik wisata.

"Kita punya komoditas lokal seperti teh manggrove, kopi, sagu dan ikan yang dapat dikemas menjadi wisata kuliner," katanya.

Menurut Yopi, pihaknya akan berkoordinasi dan bersinergi dengan Dinas Koperasi dan UKM setempat dalam mengembangkan wisata kuliner berbasis komoditas lokal Kabupaten Mimika.

"Rumah produksi komoditas lokal dapat dijadikan sebagai spot wisata kuliner, orang bisa datang berwisata sambil menikmati produk olahan yang tersedia," ujarnya.

Senada dengan Yopi Toisuta, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika Petrus Yumte mengatakan salah satu komoditas lokal unggulan yang dapat dijadikan wisata kuliner yakni kopi.

"Jadi kita bisa bangun sinergi dengan dinas pariwisata untuk wisata kuliner kopi semacam agrowisata," katanya.

Dia menambahkan wisata kuliner dengan memanfaatkan komoditas lokal dapat membantu menumbuhkan perekonomian dari masyarakat juga daerah.

"Kami terus membangun sinergi antar organisasi perangkat daerah agar komoditas lokal diangkat dan UMKM bertumbuh," ujarnya.



Baca juga: Dispar Biak latih inovasi kuliner bagi pengelola objek wisata

Baca juga: Biak alokasikan Rp6 miliar bangun destinasi wisata pusat kuliner

 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024