Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiapkan seleksi Computer Assisted Test  (CAT) bagi 1.300 pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga kesehatan dan pendidikan.

"Persiapan untuk seleksi testing PPPK Biak Numfor akan dilakukan pekan depan setelah dikunjungi tim Badan Kepegawaian Negara ke Biak," kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Biak Numfor Fera Dika Sroyer di Biak, Sabtu.

Ia mengatakan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diadakan dengan metode Computer Assisted Test atau dikenal dengan sebutan CAT yang merupakan sistem seleksi berbasis komputer yang dapat membantu untuk melihat hasil ujian peserta yang memenuhi standar minimal kompetensi.

Untuk tes CAT, lanjut dia, adalah sistem tes berbasis komputer yang menawarkan kelebihan seperti transparansi, tetapi juga menimbulkan tantangan seperti peserta yang belum terbiasa dengan tampilan tes.

"Seleksi CPNS berbasis komputer di mana nilai dapat dimonitor langsung oleh masyarakat umum saat peserta mengerjakan soal atau usai tes," katanya.

Dengan sistem tes berbasis komputer ini, menurut Fera diharapkan, ikut mencegah kecurangan dapat diminimalkan dengan didukung oleh pengawasan yang optimal pula, mulai dari CCTV hingga pengawas ujian.

Ia mengatakan, bagi peserta CAT akan diberi soal ujian menjadi tiga kelompok, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Disinggung berapa banyak komputer yang disiapkan untuk CAT PPPK, menurut Fera, akan ada 100 komputer untuk setiap sekali tes bergantian.

Sedangkan kelengkapan lain mendukung CAT, lanjut Fera, saat ini sedang dilengkapi jaringan internet Indihome dengan kapasitas besar.

"Pihak Telkom sudah mulai memasang kabel optik Indihome di area gedung diklat BPKSDM Biak di kawasan Jalan Raya Marauw Distrik Biak Timur," katanya

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024