Yahukimo, Papua Pegunungan (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengirimkan bantuan bahan makanan kepada warga di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan guna mengatasi krisis pangan di daerah setempat.

Bantuan logistik seperti beras, makanan siap saji, hingga vitamin untuk warga di Yahukimo, Papua Pegunungan diserahkan kepada Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli.

"Bantuan lain diserahkan BNPB berupa anggaran siap pakai Rp1 miliar serta dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Bulog.
 
"Ini merupakan tindak lanjut penanganan masalah kelaparan salah satu distrik di Yahukimo. Dan saya sudah berkunjung ke Yahukimo karena penanganannya sudah bagus," ujar Muhadjir di Yahukimo, Jumat.
 
Menko PMK Muhadjir mengatakan pengiriman bantuan merupakan upaya jangka pendek  pemerintah agar kebutuhan pangan masyarakat tercukupi untuk sementara waktu.
 
Muhadjir menyebut, perlu dilakukan upaya mitigasi mengatasi bencana senantiasa berulang di wilayah Papua Pegunungan dan Papua Tengah.
 
Salah satunya membangun lumbung sosial dan mengkaji kebutuhan pembangunan gudang logistik melalui Kemensos dan berkoordinasi bersama BNPB.
 
"Kita siapkan gudang pangan, sehingga siklus masalah kekurangan bahan makanan teratasi. Sebetulnya (krisis pangan) selalu terjadi hanya pindah-pindah, dari distrik satu ke distrik lain," ujarnya
  
"Melibatkan Kementerian Pertanian dan perguruan tinggi. Kemenko PMK dengan IPB dan Uncen Jayapura telah menyepakati membuat teknologi pertanian daerah rawan pangan," kata dia.
 
Muhadjir mengatakan, bantuan dikirimkan ke wilayah Papua Pegunungan dan Papua Tengah terkendala aksesibilitas serta keterjangkauan harus melalui Bandara Sentani, kemudian terbang ke Wamena, dan baru bisa di drop ke Yahukimo.
 
Kemenko PMK lintasan bandara Yahukimo dapat diperpanjang agar pesawat berbadan besar bisa terbang langsung ke Yahukimo tak lewat Wamena.
 
"Memungkinkan Yahukimo bisa langsung dikirim Jayapura tidak perlu ke Wamena sehingga kurangi biaya costnya tinggi," kata Muhadjir.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko PMK kirimkan bantuan atasi krisis pangan di Yahukimo

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024