Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mengatakan media massa merupakan wadah yang memiliki fungsi kontrol sosial terpercaya sehingga dapat menjadi sumber utama masyarakat untuk memperoleh informasi akurat.

Staf Ahli Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan Septinus Timang di Timika, Rabu, mengatakan pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah 2024 sudah semakin dekat sehingga media diharapkan dapat memainkan fungsi kontrolnya dengan baik guna menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Media sebagai corong informasi diharapkan dapat menyajikan produk jurnalistik guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pemberitaan yang positif selama pemilu,” katanya.

Menurut Septinus, peran media massa sangat penting dalam memainkan peran kontrol sosial dalam proses demokrasi politik yang akan berlangsung pada 2024.

“Kita tahu sejarah peradaban di dunia tidak terlepas dari peran media dalam hal ini pers. Pascareformasi Indonesia, peran media sangat terbuka yang diatur berdasarkan kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Dia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) hari ini menggelar tatap muka bersama KPU, Bawaslu, Kejaksaan Negeri, Polres setempat dengan pers guna menyukseskan Pemilu 2024.

“Kita semua memiliki peranan penting dalam menyukseskan Pemilu 2024. Untuk itu mari bersama ciptakan pemilu yang damai dan bermartabat melalui tugas fungsi masing-masing,” katanya.

Dia menambahkan Pemerintah Kabupaten Mimika berkomitmen untuk memfasilitasi pers di daerah ini melalui wadah organisasi profesi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Organisasi pers PWI harus ada di Kabupaten Mimika untuk menjadi wadah yang merangkul rekan-rekan wartawan dalam menjalankan tugas fungsi masing-masing,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024