Jayapura (ANTARA) - PT Persero Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 Cabang Jayapura secara bertahap menerapkan sistem pembayaran non tunai kepada penumpang di pelabuhan setempat.

General Manager Pelindo Regional 4 Cabang Jayapura, I Nengah Suryana Jendra di Jayapura, Senin, mengatakan penerapan pembayaran non tunai merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan di Pelabuhan Jayapura.

“Kami terus berbenah diri agar pelayanan ke penumpang bisa lebih maksimal, selain itu pendapatan yang masuk jadi transparan,” katanya.

Menurut Nengah, penerapan transaksi non tunai dilakukan secara bertahap dengan melakukan sosialisasi kepada para penumpang terlebih dahulu sehingga dapat dipahami ke depannya.

"Dengan perkembangan teknologi saat ini maka penggunaan uang tunai dikurangi dalam transaksi, karena sudah ada kemudahan menggunakan transaksi non tunai,” ujarnya.

Dia menjelaskan hal ini dilakukan agar ada penertiban di lingkungan Pelabuhan Jayapura, terutama penertiban dalam hal pembayaran, dengan non tunai juga semua transaksi lebih transparan.

"Selain itu penggunaan 'cashless' juga dilakukan untuk mengubah tudingan-tudingan masyarakat yang mengatakan pelabuhan itu tempat pungli, dan sebagainya itu musnah di Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan selama 2024 ini pihaknya terus membenahi pelayanan di Pelabuhan Jayapura, termasuk penerapan sistem non tunai.

"Sebelumnya kami sudah melakukan peningkatan pelayanan pada area penumpang, ke depannya semakin banyak lagi yang kami benahi,” ujarnya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024