Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menyatakan, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika dapat mencapai target tahunan yang diamanatkan negara sepanjang Tahun 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika Robert Mayaut di Timika, Sabtu mengatakan,  pencapaian target keimigrasian tidak terlepas dari kerja keras dan inovasi layanan yang baik dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika.

"Didukung oleh sumber daya manusia yang unggul maka Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika dapat mencapai target tahunan yang diamanatkan negara," katanya.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika Mohammad Agus Sofani bahwa pada 2023 Kantor Imigrasi secara nasional mengalami peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Pada 2023 PNBP kami secara nasional mengalami peningkatan mencapai 230 persen per 31 Desember 2023," katanya.

Dia menjelaskan sepanjang 74 tahun perjalan Imigrasi di Indonesia, pencapaian PNBP rata-rata yakni Rp2,5 triliun dari semua layanan keimigrasian.

"PNBP 2021 sebesar Rp2,5 triliun, pada 2022 mencapai Rp4 triliun dan di 2023 kami memperoleh PNBP terbesar dari kementerian dan lembaga di Indonesia yakni sebesar Rp7,6 triliun," ujarnya.

Dia menambahkan pada 2023 Imigrasi Indonesia meraih PNBP tertinggi dari kementerian dan lembaga dari jumlah layanan keimigrasian di Indonesia maupun di luar negeri.

"Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika pada 2023 menyumbang PNBP sebesar Rp1,6 miliar yang merupakan hasil menerbitkan 3.614 paspor selama satu tahun," katanya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024