Biak (ANTARA) - Kodim 1708/Biak, Papua berhasil mengumpulkan sebanyak 600 karung sampah plastik dalam kegiatan program bersih lingkungan gerebek sampah 2023.

"Sampah plastik menjadi fokus program gerebek sampah yang digagas Kodim 1708 karena dapat memberikan manfaat ekonomi bagi rumah tangga," kata Komandan Kodim 1708 Biak Numfor Letkol Inf Marsen Sinaga di Biak, Kamis.

Ia mengaku jumlah sampah plastik yang diangkut kemungkinan bertambah karena masih ada sejumlah tempat di Kota Biak yang menjadi sasaran gerebek sampah.

Di antara lokasi yang dijadikan tempat pengumpulan kawasan laut pantai Samau Distrik Biak Kota yang dilakukan bersama komunitas diving.

Sedangkan lokasi lain yang juga menjadi tempat gerebek sampah, lanjut Dandim Letkol Sinaga, yakni taman rekreasi dalam kota, sepanjang pinggir kiri kanan jalan kota Biak serta lokasi lainnya.

Dandim menyebut, hasil pengumpulan sampah plastik akan dibawa ke bank sampah induk Biak untuk dimanfaatkan sehingga bernilai ekonomis.

"Untuk hasil dari pemanfaatan sampah plastik akan diberikan kepada komunitas warga untuk dibuat program serupa pada waktu lainnya," sebut Dandim.

Sinaga memberikan apresiasi keterlibatan sejumlah organisasi program gerebek sampah Kodim Biak 1708.

"Berbagai dukungan program gerebek sampah di antaranya dari Pemda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata,BPBD, siswa sekolah, komunitas rumah Biak, TNI/Polri ASN hingga masyarakat umum lainnya," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan gerebek sampah yang digelar Kodim Biak sejak 30 Januari sampai dengan puncak acara 3 Februari 2024.

Program gerebek sampah Kodim 1708 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga Biak Numfor terhadap kebersihan lingkungan dari sampah plastik.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024