Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, tahun ini menerima bantuan satu mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional (Purpusnas) RI.

Kepala Dinas Perpustakaan dari Kearsipan Kabupaten Jayapura Alpius Demena di Sentani, Jumat, mengatakan bantuan berupa kendaraan Toyota Hilux yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pembelajaran.

“Satu unit mobil perpustakaan keliling ini digunakan untuk memberikan akses kepada masyarakat, khususnya anak-anak di kampung-kampung, supaya bisa membaca serta mengenal internet positif,” katanya.

Menurut Demena, di dalam kendaraan perpustakaan keliling itu sudah dilengkapi dengan komputer, internet, dan berbagai buku bacaan untuk anak-anak SD, SMP, dan SMA serta bacaan pendidikan umum.

“Kendaraan ini akan terus berkeliling ke kampung-kampung yang bisa dilalui oleh kendaraan, supaya membantu Dinas Pendidikan mengentaskan buta aksara,” ujarnya.

Sementara kampung yang tidak bisa dilalui mobil perpustakaan keliling, kata dia,  diinisiasi dengan dukungan buku di perpustakaan kampung.

“Perpustakaan kampung sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, dimana kami bekerja sama dengan pemerintah kampung untuk memberikan bantuan buku pendidikan untuk anak sekolah maupun pendidikan umum bagi ibu-ibu,” katanya.

Dia menambahkan mobil perpustakaan keliling rencananya akan dikirim dalam tahun ini sesuai informasi dari Perpustakaan Nasional RI.

“Kendaraannya dalam perjalanan ke Jayapura, bantuan ini karena Perpusnas RI melihat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jayapura begitu kontinyu dalam meningkatkan kesadaran warga dalam membaca,” ujarnya.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024