Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan Provinsi Papua bekerja sama dengan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Papua meningkatkan kompetensi dasar 38 guru PAUD dalam rangka ikut menyiapkan generasi emas Indonesia pada 2045 di daerah itu.

"Sampai 2023 ini sebanyak 38 guru satuan PAUD di Provinsi Papua sudah mendapat kelulusan pelatihan kompetensi dasar bagi tenaga PAUD," ujar Sekretaris Pokja Bunda PAUD Papua Semuel Kareth di Biak, Senin.

Pihak Pokja Bunda PAUD Papua mengunjungi Kabupaten Biak Numfor dalam rangka melihat progres peningkatan kompetensi guru PAUD Biak yang sudah terlatih secara kelembagaan.

Ia menyebut pada 2023 guru PAUD yang diberikan kesempatan mengikuti pelatihan kompetensi dasar berasal dari lima kabupaten dan satu kota.

"Dari 38 guru peserta pelatihan kompetensi dasar PAUD berasal dari Kota Jayapura, Keerom, Sarni, Biak, dan Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal Disdikbud Biak Endang Suhendi berharap dengan adanya program peningkatan kompetensi dasar guru PAUD dapat berdampak terhadap kualitas pendidikan di Biak Numfor.

"Dinas Pendidikan juga setiap tahun memberikan pelatihan bagi guru PAUD dengan tujuan mencapai kualifikasi kompetensi dasar mengajar lebih baik kepada para siswa peserta didik," katanya.

Wakil Ketua Himpaudi Kabupaten Biak Numfor Engelbertus Toto berharap, penguasaan atas kompetensi dasar guru PAUD di daerah itu membuat mereka mengajar dengan baik para siswa PAUD.

Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan dasar kompetensi, guru PAUD dapat menularkan ilmunya kepada guru satuan PAUD lainnya.

"Penyiapan guru PAUD harus dilakukan secara berjenjang sehingga dapat meningkatkan kompetensi dasar dalam mengajar siswa PAUD," katanya.

Kunjungan Sekretaris Pokja Bunda PAUD Papua Semuel Kareth di Pokja Bunda PAUD Biak untuk berdialog dan mengecek kemajuan para tenaga guru PAUD setelah pelatihan kompetensi dasar pada 2023.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024