Jayapura (ANTARA) -
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Papua, Papua Barat dan Maluku melibatkan tiga kampus di Kota Jayapura guna meningkatkan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Tahun Pajak 2023.
 
Kepala Seksi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Papua, Papua Barat dan Maluku Ricky F. Argamaya di Jayapura, Senin, mengatakan ketiga kampus tersebut STAIN Al Fatah, Universitas Cenderawasih dan Universitas Yapis.
 
"Saat ini kami bekerja sama dengan beberapa kampus di wilayah Jayapura terkait Relawan Pajak yang akan memberikan asistensi kepada masyarakat terkait pelaporan SPT," katanya.
 
Menurut Ricky, dengan melibatkan tiga kampus ini diharapkan ini dapat membantu masyarakat dalam melaporkan SPT Tahunan PPh.
 
"Kami melibatkan tiga kampus yang mana minimal para Relawan Pajak dapat meningkatkan partisipasi di lingkungan kampusnya masing-masing," ujarnya.
 
Dia menjelaskan para Relawan Pajak akan diperbantukan di kantor pelayanan pajak untuk mempermudah masyarakat dalam pelaporan SPT.
 
"Untuk itu kepada masyarakat yang belum paham cara pelaporan SPT dapat langsung ke kantor pajak untuk mendapatkan asistensi pelaporan, baik oleh Relawan Pajak maupun pegawai pajak," katanya lagi.
 
Dia menambahkan terkait dengan partisipasi pelaporan SPT pada 2023 mencapai 400. 822 SPT dari target 405.749 SPT dengan persentase 98,79 persen.
 
"Dimana pada 2022 tingkat kepatuhan penyampaian pada 2022 mencapai realisasi 338.161 SPT atau 104,98 persen namun memang secara pencapaian kami turun akan tetapi secara jumlah mengalami peningkatan yakni naik sebanyak 62.661 SPT,” ujarnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024