Jayapura (ANTARA) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Papua bersama perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 100 titik yang tersebar di seluruh Tanah Papua hal ini dilakukan guna mendorong peningkatan perputaran roda ekonomi selama bulan Ramadhan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Faturahcman di Jayapura, Rabu, mengatakan jumlah titik layanan penukaran tersebut juga nantinya akan mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran di wilayah masing-masing.

“Untuk itu dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445H, kami Bank Indonesia Papua bersama perbankan melaksanakan kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) dengan tema ‘Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah’,” katanya.

Menurut Faturahcman, Serambi merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas kepada masyarakat pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

“Kegiatan Serambi ini diharapkan dapat melengkapi kebahagiaan masyarakat di bulan suci Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1445H dengan menghadirkan uang Rupiah layak edar dalam jumlah dan pecahan yang sesuai kebutuhan melalui layanan kas prima,” ujarnya.

Dia menjelaskan kegiatan Serambi ini juga akan dirangkai dengan edukasi Rupiah melalui Tiga pilar yaitu CINTA, BANGGA, dan PAHAM RUPIAH, agar masyarakat semakin mencintai dengan merawat secara baik, bangga menggunakannya di setiap transaksi wilayah NKRI, serta paham menggunakan uang Rupiah dengan bijak atau digunakan sesuai keperluan.

“Jadi bagi masyarakat yang memerlukan Uang Pecahan Kecil (UPK) kami juga melibatkan tujuh) kas titipan Bank Indonesia yang ada di Biak, Serui, Nabire, Timika, Wamena, Merauke dan Sorong di provinsi Papua Barat Daya,” katanya lagi.

Dia menambahkan khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR).

“Sampai dengan 13 Maret ini sudah terserap Rp113,2 miliar sehingga sudah ada beberapa perbankan yang mulai melayani penukaran uang,” ujarnya lagi.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024