Sentani (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi mengharapkan muslim untuk tetap menjaga tali silaturahim antara umat beragama lainnya di daerah setempat.

Hal itu disampaikan pada buka puasa bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dan umat muslim di wilayah Sentani dalam rangka semarak Ramadhan 1445 Hijriah untuk mempererat tali silaturahmi pada Jumat (22/3) 2024.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi di Sentani, Jumat mengatakan, pemilihan umum (Pemilu) telah selesai dan saat ini marilah bergandengan tangan satu dengan yang lain dalam menciptakan kerukunan harmonis di daerah ini.

“Tidak boleh lagi ada perbedaan yang memecah belah sesama anak bangsa, tetapi marilah sama-sama membangun daerah untuk lebih baik lagi ke depan guna mendukung semua kebijakan dan program pemerintah,” katanya.

Menurut Sekda Hana, pembangunan di daerah ini dapat terwujud apabila semua komponen masyarakat, adat dan agama dapat bersatu, sehingga tatanan sosial bermasyarakat terwujud.

“Momentum bulan puasa saya mengajak semua umat muslim di Kabupaten Jayapura untuk sama-sama menjaga hubungan silaturahmi dengan pemeluk agama lain untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang diharapkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan buka puasa bersama yang dilaksanakan saat ini perlu untuk dilestarikan karena akan membawa suasana yang baik sesama umat muslim maupun umat agama lainnya.

“Semoga kegiatan baik seperti ini bisa dilaksanakan seterusnya untuk tetap menjaga silaturahmi, toleransi antar umat beragama di daerah ini sehingga pembangunan yang sedang berlangsung dapat berjalan mulus tanpa adanya hambatan,” katanya.

Dia menambahkan, kepada umat nasrani, katolik maupun yang lain supaya juga dapat menjaga silaturahmi antar sesama untuk menciptakan kabupaten ini sebagai contoh toleransi di Papua.

“Kami ulangi, kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan karena bagaimanapun juga di Kabupaten Jayapura masyarakatnya hidup berdampingan serta menjaga nilai-nilai kebhinekaan,” ujarnya.

Sekda Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi menyerahkan bantuan sebesar Rp30 juta dari ‘kantong pribadinya’ kepada Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Jayapura untuk kemaslahatan umat muslim di Papua khususnya di daerah setempat.

Buka Puasa bersama umat muslim dengan Pemkab Jayapura diselenggarakan oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Jayapura bertempat di Masjid Agung Al Aqsha Sentani.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024