Biak (ANTARA) - DPRD Kabupaten Biak Numfor, Papua mengusulkan agar Penjabat Bupati Biak Sofia Bonsapia melakukan pengadaan mobil pemadam kebakaran (damkar) guna memperkuat armada pemadam kebakaran di daerah itu.

"Beberapa kali kejadian kebakaran, mobil pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Biak seringkali terlambat tiba di lokasi karena kondisi fisik mobil yang sudah tua dan perlu peremajaan," ujar anggota DPRD Biak Makkah saat berdialog dengan Pj Bupati di Biak, Selasa.

Ia mengatakan, mobil pemadam kebakaran dimiliki BPBD sudah berusia tua sehingga ketika terjadi kebakaran tidak cepat bergerak menuju lokasi kejadian.

"Apalagi perkembangan pembangunan di Biak Numfor sudah cukup banyak gedung tinggi sehingga butuh pengadaan mobil damkar baru," ujarnya.

Ia berharap dengan ditunjuknya Penjabat Bupati Biak Sofia Bonsapia diharapkan dapat memperhatikan kondisi fasilitas dan peralatan mobil damkar yang mendesak untuk diperbaharui.

Kepala BPBD Biak Lot Yensenem berharap adanya dukungan pengadaan peralatan dan mobil damkar untuk kebutuhan melayani masyarakat ketika terjadi kebakaran.

"Saya ingatkan masalah bencana alam kapan dan dimana tidak ada yang tahu, sehingga peralatan rescue termasuk kendaraan damkar harus siaga 24 jam," katanya.

Berdasarkan data, pada periode Januari-Maret 2024 telah terjadi tiga kali kasus kebakaran di Biak.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024