Biak (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan data agregat daftar pemilih potensial pemilu (DP4) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024.

Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Biak Numfor Kalep Ampnir SH di Biak, Selasa, mengatakan DP4 pilkada serentak Biak Numfor untuk sementara sebanyak 148.388 jiwa tersebar 257 kampung,14 kelurahan dan 19 distrik/kecamatan.

DP4 pilkada serentak 2024 itu, kata dia, akan diserahkan Pemkab Biak Numfor kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dilakukan pemuktahiran data pemilih.

"Penyerahan data agregat DP4 pilkada serentak untuk KPU bersama pemerintah Kabupaten Biak Numfor. Waktu penyerahannya masih menunggu jadwal launching tahapan pilkada serentak dari KPU," katanya.

Untuk mendukung tahapan pilkada serentak Biak Numfor, kata Kalep, pihak Disdukcapil sudah menyiapkan blanko Ke KTP elektronik (KTP -e) sebanyak 6.000 blanko.

Dia mengatakan pihaknya akan memberikan pelayanan perekaman data KTP bagi warga Biak Numfor secara gratis.

Ia menghimbau warga Biak Numfor yang belum memiliki identitas kependudukan agar melakukan perekaman KTP-e di Kantor Disdukcapil Biak Numfor setiap hari kerja Senin-Jumat, mulai pukul 08.00 WIT.

Menurut Kalep, saat ini terdapat penambahan jumlah penduduk Kabupaten Biak Numfor sebanyak 986 jiwa.. Jumlah penduduk Biak Numfor kemungkinan saat pilkada serentak pada 27 November 2024 akan bertambah lagi karena sedang gencar dilakukan perekaman KTP elektronik oleh Disdukcapil setempat.

"Kami minta dukungan masyarakat, kepala kampung, lurah dan kepala distrik supaya data kependudukan di kampung dan kelurahan dapat valid sesuai dengan identitas warga bersangkutan.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024