Timika (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah mengatakan, Perpustakaan Keliling telah turut mendorong minat membaca generasi muda pada satuan pendidikan di daerah Papua tersebut.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika Dantje Nere kepada ANTARA di Timika Rabu mengatakan, pihaknya juga memiliki peran dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari daerah ini, melalui pengenalan terhadap pentingnya literasi yang baik.

"Kami punya program primadona yakni Perpustakaan Keliling, ini bertujuan untuk mendekatkan buku sebagai sumber ilmu pengetahuan kepada masyarakat terkhusus anak usia sekolah," katanya.

Menurut Dantje, ada dua armada Perpustakaan keliling yang rutin mengunjungi sekolah-sekolah di wilayah perkotaan secara bergilir.

"Untuk saat ini Perpustakaan Keliling kami ini masih berputar di wilayah perkotaan karena masih terkendala SDM untuk mengendarai mobil atau armada yang ada," katanya.

Dia menjelaskan, wilayah terjauh yang dikunjungi perpustakaan keliling yakni Kampung Mapurjaya, Distrik Mimika Timur, selain itu masih berputar di sekitar wilayah perkotaan.

"Dari perkunjungan perpustakaan keliling ini kami melihat bahwa minat baca anak-anak usia sekolah sangat signifikan, pada triwulan pertama 2024 ini," katanya lagi.

Dia berharap agar anak-anak maupun masyarakat umum dapat terus membaca dengan hadirnya program primadona Perpustakaan Keliling dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika tersebut.

"Membaca dapat membuka cakrawala berpikir dan menumbuhkan pengetahuan baru, SDM dipersiapkan melalui aktivitas membaca, untuk itu mari terus kita budayakan gemar membaca di kalangan masyarakat Mimika," katanya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024