Jayapura (ANTARA) - Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura, Kota Jayapura Daisy Urbinas mengatakan layanan kedaruratan di rumah sakit tersebut tetap tersedia selama libur dan cuti bersama Lebaran 2024.

"Pelayanan yang ditiadakan saat libur Lebaran ialah layanan rawat jalan sementara pelayanan rawat inap dan unit gawat darurat (UGD) tetapi tersedia seperti hari biasanya," katanya di Jayapura, Provinsi Papua, Selasa.

Sebelum memasuki hari libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah, pihaknya telah melakukan persiapan, seperti mengatur jam pelayanan dan petugas kesehatan.

"Jadi selama masa libur Lebaran semua pejabat di RSUD Abepura masuk bergantian untuk mengontrol pelayanan kesehatan bagi warga," ujarnya.

Dia menjelaskan khusus pegawai RSUD Abepura yang beragama Islam diberikan kesempatan mengikuti perayaan Idul Fitri sehingga tugas mereka diganti oleh karyawan yang beragama Kristen.

"Sistem seperti itu sudah dijalankan setiap tahun pada saat hari raya keagamaan, baik Idul Fitri maupun Hari Raya Natal," katanya.

Selama masa libur dan cuti bersama Lebaran 2024, jam pelayanan kesehatan bagi masyarakat tetap berjalan seperti biasa, yakni pukul 07.30 hingga 14.00 WIT. Setelah itu, petugas yang lain melanjutkan selama pukul 14.00 hingga 21.00 WIT, selanjutnya diganti dengan petugas lain yang berjaga pada pukul 21.00 hingga 05.00 WIT.

"Kami akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Jayapura terkait layanan kesehatan selama libur dan cuti bersama Lebaran," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024