Biak (ANTARA) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyebut pada tahun anggaran 2024, pihaknya memprogramkan pengadaan mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

"Untuk pengadaan mobil Damkar akan dipenuhi lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," ujar Kepala Bappeda Biak Michael Isir di Biak, Jumat.

Ia memilai kebutuhan mobil Damkar sangat penting untuk membantu BPBD Biak dalam merespons penanganan musibah kebakaran di daerah ini.

Untuk pengadaan barang kendaraan Damkar, menurut Isir, akan ditangani BPBD langsung.

"Untuk pengadaan Damkar tahun ini satu unit mobil yang spesifikasinya diatur BPBD sebagai organisasi perangkat daerah," katanya.

Ia berharap dengan adanya tambahan satu mobil pemadam kebakaran dapat membantu BPBD dalam menangani kasus kebakaran di kota Biak dan sekitarnya.

Dengan adanya tambahan pengadaan Damkar, menurut Isir, diharapkan dapat meningkatkan kinerja personel BPBD dalam menunjang pertolongan kasus kebakaran di daerah itu.

Sebelumnya, Anggota DPRD Biak H Makka Arief mengusulkan kepada Penjabat Bupati Biak Numfor Sofia Bonsapia untuk memprogramkan pengadaan kendaraan Damkar mengingat mobil yang ada saat ini sudah berusia tua.

"Kami sarankan Pemkab Biak Numfor membeli mobil pemadam kebakaran untuk menunjang pelayanan BPBD dalam mengatasi kebakaran di Kota Biak dan sekitarnya," katanya.

Berdasarkan data kasus kebakaran di Kota Biak periode Januari-April 2024, sebanyak tujuh kasus.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024