Jayapura (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua meluncurkan Posyandu Prima di Abepura guna mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah ini.

"Posyandu Prima ini akan melayani pasien baik balita, remaja, maupun lansia, yang di Distrik Abepura dan sekitarnya," kata Kepala BKKBN Papua Nerius Auparay di Jayapura, Rabu.

Menurut Auparay, pihaknya hanya menyiapkan fasilitas sementara untuk tenaga kesehatan dan semua standar operasional akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura pada Posyandu Prima tersebut.

"Di posyandu ini juga akan ada pelayanan kontrasepsi karena di Kantor BKKBN sini ada klinik yang dibuka setiap hari kerja," ujarnya.

Pihaknya berharap dengan adanya Posyandu Prima di Kantor BKKBN Provinsi Papua semakin melengkapi semua fasilitas yang ada saat ini, seperti klinik dan PAUD, sehingga semua layanan bisa berjalan dengan baik.

"Kami berharap supaya ke depan Posyandu Prima bisa ada di lima distrik di Kota Jayapura, guna memenuhi pelayanan yang mendasar bagi masyarakat setempat," katanya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada BKKBN Provinsi Papua yang terus memberikan perhatian bagi masyarakat, khususnya di bidang kesehatan dan keluarga berencana.

"Untuk itu ke depan kami akan mendorong supaya setiap puskesmas di Kota Jayapura memiliki satu Posyandu Prima," katanya.

Dia menambahkan hal tersebut sangat penting untuk bagaimana mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Jayapura.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024