Jayapura (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jayapura, Papua mendukung wirausaha pemula pemuda Orang Asli Papua (OAP) yang telah mendapatkan pelatihan kewirausahaan pada 2023 dengan memberikan sarana dan prasarana dalam menunjang setiap usaha yang dijalani.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura Rocky Bebena di Jayapura, Kamis, mengatakan ini merupakan tindak lanjut dari program 2023 di mana pihaknya telah melatih kewirausahaan kepada 50 pemuda OAP sehingga pada 2024 akan diberikan bantuan sarana dan prasarana

"Jadi jika ada yang memiliki usaha pencucian motor maka kami akan memberikan bantuan mesin pencucian," katanya.

Selain itu kata dia, jika yang menjalankan usaha penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) eceran maka pihaknya akan memberikan pompa bensin mini.

"Kami berharap melalui bantuan yang akan diberikan ini dapat membantu mereka dalam mengembangkan usaha yang dijalankan," ujarnya.

Menurut Bebena, pihaknya berharap apa yang dilakukan dapat berdampak positif terhadap pelaku usaha muda di Papua khususnya Kota Jayapura dalam mengembangkan usahanya dan bisa mandiri.

"Kami juga harapkan agar materi maupun pelatihan yang sudah diberikan wirausaha muda OAP bisa menerapkan dengan baik sehingga kami juga bisa mengetahui berapa orang yang berhasil dalam mengembangkan usaha," katanya lagi.

Dia menjelaskan pembangunan di Kota Jayapura saat ini cukup pesat sehingga pemuda harus lebih kreatif dalam berusaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

"Karena teknologi ini sangat membantu sekali sehingga diharapkan pemuda di Kota Jayapura dapat memanfaatkannya," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya berencana untuk menyerahkan bantuan sarana dan prasarana kepada wirausaha muda OAP yang telah mengikuti pelatihan pada Juli 2024.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024