Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua memastikan pelaksanaan ujian akhir jenjang SD dan SMP selama lima hari berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar.

"Secara keseluruhan pelaksanaan ujian berjalan lancar karena semua fasilitas penunjang baik laptop maupun jaringan internet semuanya aman," kata Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey saat melakukan peninjauan ujian di SD Al Ihsan dan SMP Al Ihsan Kotaraja di Jayapura, Senin.

Dia mengharapkan semua peserta didik jenjang SD dan SMP yang saat ini mengikuti ujian akhir sekolah dapat lulus 100 persen.

"Karena Kota Jayapura merupakan barometer pendidikan di Papua sehingga semua lulusan baik SD, SMP, dan SMA/SMK harus berkualitas dan berdaya saing," ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Abdul Majid mengatakan peserta didik tingkat SD yang mengikuti ujian 5.071 siswa tersebar di 96 sekolah.

"Sementara jenjang SMP sebanyak 4.466 siswa yang tersebar di 38 sekolah, baik negeri maupun swasta," katanya.

Kepala SMP Negeri 5 Jayapura Yosephine Wally mengatakan peserta didik yang mengikuti ujian akhir pada 2024 sebanyak 208 siswa di mana tahun ini merupakan yang terakhir pihaknya menggunakan Kurikulum 2013 (K-13).

"Tahun depan kami sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dan untuk penerimaan peserta didik baru akan didahulukan melalui jalur zonasi," katanya.

Pelaksanaan ujian akhir sekolah, baik jenjang SD maupun SMP, di Kota Jayapura akan berlangsung pada 13-17 Mei 2024.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024