Biak (ANTARA) - Loka Latihan Kerja Usaha Kecil Menengah (LLK UKM) menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Sorong Papua Barat Daya menyiapkan ujian kompetensi ketrampilan kejuruan ketenagakerjaan bagi pencari kerja di daerah setempat.

"Ditargetkan sebanyak 144 peserta yang saat ini sedang mengikuti pelatihan kerja berbasis kompetensi sesuai kejuruan ikut ujian," ujar Kepala LLK UKM Biak Numfor Y. Kbarek dalam keterangan di Biak,Rabu.

Ia mengatakan dengan uji kompetensi tenaga kerja diharapkan menjadi bekal pencari kerja untuk siap masuki dunia kerja pada era digitalisasi pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja di Kabupaten Biak Numfor tahun anggaran 2024.

Kejuruan uji kompetensi meliputi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), elektronika, listrik, otomotif, las, bangunan dan garmen apparel.

Pelaksanaan uji kompetensi kejuruan tenaga kerja bertujuan meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja.

"Ketrampilan kejuruan dimiliki pencari kerja untuk meningkatkan daya saing melalui pelatihan kerja," sebut Kbarek.

Untuk memasuki dunia kerja saat ini, persaingan sangat ketat dalam bidang apapun sehingga dibutuhkan sosok tenaga kerja yang benar-benar trampil punya kompetensi kejuruan.

Uji kompetensi tenaga kejuruan di Kabupaten Biak Numfor, kata dia, merupakan sebuah kewajiban harus diberikan kepada pencari kerja.

"Peserta yang benar-benar ingin mendapatkan pengakuan keahlian dalam bidang kejuruan harus mengikuti ujian kompetensi ketenagakerjaan," ujar Kbarek.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024