Timika (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Yohanis Kapiyau Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Letkol Pnb Kamto Adi Saputra mengatakan pesawat Hercules TNI C-130/A-1330 yang mengangkut Al Quran akbar seberat 270 kilogram dari Makassar, Sulawesi Selatan, telah tiba di daerah ini.

Kamto Adi Saputra melalui rilis di Timika, Senin, mengatakan Al Quran akbar ini memiliki bobot 270 kilogram, tinggi satu meter, dan lebar dua meter.

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika mendatangkan Al Quran akbar ini melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk memeriahkan ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) se-Tanah Papua yang ke-30," katanya.

Menurut Danlanud, proses unloading dari mobil towing dilanjutkan menuju Kantor UPBU Bandara Moses Kilangin Timika untuk prosesi serah terima dari Pemkab Mimika ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat.

"Sebanyak 500 orang yang menjemput kedatangan Al Quran akbar pada Minggu 2 Juni 2024 baik pengurus dan umat Muslim Kabupaten Mimika," ujarnya.

Dia menjelaskan Al Quran raksasa ini dikirim dari Makassar, Sulawesi Selatan, menggunakan pesawat Hercules TNI AU C-130/A-1330 dengan pilot Letkol Pnb AM Averroes dan diterima langsung oleh pihaknya.

"Al Quran raksasa ini merupakan buah karya penulis ternama Ustadz Usman Pa'bobo. Ini merupakan yang ketiga di Papua setelah Kabupaten Biak dan Fak-Fak," katanya.

Dia menambahkan proses pembuatannya memakan waktu selama 11 bulan dengan menggunakan tinta khusus dari China yang tidak mudah pudar.

"Proses penulisan Al Quran raksasa ini menghabiskan sebanyak 9 liter tinta khusus yang tidak mudah pudar dari China," ucapnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024