Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Papua mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya yang bermukim di pinggiran pantai agar menjaga kualitas air laut dengan tidak membuang sampah sembarangan yang nantinya dapat berdampak pada kerusakan ekosistem laut di wilayah setempat.
 
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Setyo Wahyudi di Jayapura, Senin mengatakan pihaknya melalui dinas teknis gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut.
 
“Dengan menjaga kualitas air laut maka berdampak pada ekosistem laut dengan begitu kesehatan ikan dapat terjaga,”katanya.
 
Menurut Setyo, Provinsi Papua kaya akan hasil alam dan lautnya sehingga ini yang sedang digarap pemerintah bagaimana terus menjaga ekosistem laut karena ini menjadi sumber pendapatan baru.
 
“Pasca terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) kami kini sedang gencar untuk bagaimana mempertahankan kualitas dari ikan itu sendiri karena sektor kelautan merupakan sumber pendapatan Provinsi Papua,"ujarnya.
 
Dia menjelaskan seperti arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu di mana emas biru, yakni sektor kelautan harus di jaga dan dikelola secara baik untuk itu seluruh masyarakat serta lintas sektor bersama menjaga menjaga ekosistem laut.
 
“Sektor kelautan menjadi salah satu sumber pendapatan bagi daerah yang sedang di garap potensi-potensinya dikarenakan itu sangat penting agar menjaga kualitas air laut tetap terjaga,” katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya mengakui memang hingga kini potensi laut di Provinsi Papua belum digarap dengan maksimal untuk itu menjaga ekosistem laut ini harus terus digalakkan agar bagaimana nantinya dapat menjadi warisan anak cucuk, dan menjadi sumber potensi ekspor.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024