Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat akan menyiapkan 1.000 peserta didik jenjang SD dan SMP pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 yang dipusatkan di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Abdul Majid di Jayapura, Selasa, mengatakan peringatan Hari Anak Nasional 2024 yang akan berlangsung di Istora Papua Bangkit, Sentani, akan ditampilkan tarian kolosal asal Papua.

"Di mana total peserta tarian itu sebanyak 2.000 orang dan Kota Jayapura menyiapkan 1.000 siswa sementara Kabupaten Jayapura seribu siswa," katanya.

Menurut Majid, peserta tarian dari Kota Jayapura ialah peserta didik kelas V dan VI kemudian kelas VII dan VIII sehingga saat ini semua siswa yang terpilih sementara melakukan tahapan persiapan.

"Karena rencananya tarian kolosal Papua dalam rangka memperingati HAN 2024 itu akan dicatat dalam rekor MURI," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mendukung penuh pelaksanaan HAN 2024 yang dipusatkan di Kabupaten Jayapura di mana hal tersebut merupakan instruksi langsung dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

"Ini merupakan agenda nasional yang dilakukan di Jayapura sehingga sebagai tuan rumah sudah tentu kami harus mendukung kegiatan tersebut," katanya lagi.

Dia menambahkan peringatan HAN 2024 yang rencananya akan berlangsung di Istora Papua Bangkit tersebut rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.*

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024