Jakarta (ANTARA) - Majelis Rakyat Papua (MRP) di enam provinsi Tanah Papua menyatakan dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

“Kami mau sampaikan bahwa kami MRP se-Tanah Papua dengan masyarakat adat di Papua mendukung pembangunan IKN,” kata Koordinator MRP se-Papua Agustinus Anggaibak dalam konferensi pers usai bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta,Rabu.

Agustinus mengatakan MRP telah meminta Presiden Jokowi agar turut diundang dalam Upacara HUT RI pada 17 Agustus mendatang di IKN.

Menurut dia, pelibatan MRP di upacara HUT kemerdekaan Indonesia merupakan hal penting karena MRP adalah bagian pemerintah di daerah.

“MRP ini kan dibentuk oleh negara secara resmi, karena itu kami ikut ambil bagian dalam upacara kemerdekaan bangsa itu tidak masalah. Jadi kami minta Bapak Presiden Jokowi undang kam hadir supaya sama-sama rayakan 17 Agustus di IKN, karena itu ibu kota baru,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut, alasan upacara HUT ke-79 RI 17 Agustus 2024 digelar dua lokasi yakni IKN dan Istana Kepresidenan, Jakarta karena masa transisi perpindahan ibu kota Jakarta ke IKN.

Rencananya, pelaksanaan upacara di IKN dipimpin Presiden Jokowi didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto sedangkan upacara di Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin Wapres Ma'ruf Amin didampingi Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Majelis Rakyat Papua dukung pembangunan IKN

Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024