Biak (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP) bersama kelompok tani binaan menggencarkan penanaman cabai rawit di perkarangan rumah warga di berbagai kampung untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal secara mandiri.

"Dengan menanam cabai di perkarangan rumah dapat menjawab kebutuhan keluarga sehingga menekan inflasi," kata Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Biak Numfor Immanuel Naap di Biak, Kamis.

Diakuinya, lokasi penanaman cabai di Biak tersebar di kawasan Biak Timur/Oridek, wilayah pantai Utara Biak, Yendidori, Biak Barat, Biak Kota, Samofa, dan Distrik Swandiwe.

Ia berharap, dengan warga ikut menanam cabai di berbagai kampung dapat turut mendukung program strategis nasional pengendalian inflasi daerah.

"Sudah ada tanaman cabai dan sayur mayur milik warga di sejumlah kampung yang telah dipanen bersama dengan pemerintah daerah," katanya.

Ia berharap, dengan program menanam cabai untuk mempengaruhi pertumbuhan laju inflasi daerah.

Sebelumnya, Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Yubelius Usior mendorong pelaku usaha pertanian ikut menanam cabai guna mengatasi pemenuhan kebutuhan warga.

Diakuinya, harga cabai yang dipasok dari luar daerah akan mempengaruhi kenaikan harga jual di Biak.

"Jika bahan rumah tangga cabai dan bawang meningkat akan mempengaruhi laju perkembangan inflasi daerah," sebutnya.

Hingga, Kamis (20/6) sejumlah perkarangan rumah warga sudah ada menanam cabai buat keperluan masak di rumah.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024