Jayapura (ANTARA) - Sekretaris Kota Jayapura, Papua Frans Pekey menyebutkan dengan adanya mesin anjungan Teras Pelayanan Publik Sistem Informasi Kelurahan (TPP-SIK) merupakan inovasi pelayanan publik secara digitalisasi.

Frans Pekey di Jayapura, Rabu, mengatakan adanya mesin anjungan TPP-SIK merupakan suatu inovasi dalam pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Argapura, Kelurahan Ardipura dan Kelurahan Hamadi.

"Ini langkah yang sangat bagus dalam rangka memberikan kemudahan, kecepatan dan transparansi dalam pelayanan yang berhubungan dengan surat keterangan masyarakat," katanya.

Menurut Pekey, saat ini tinggal bagaimana melakukan sosialisasi dan mengedukasi kepada masyarakat yang di tiga kelurahan sehingga warga semakin fasih menggunakan mesin anjungan tersebut.

"Ke depan ada pengembangan lagi terkait penambahan mesin anjungan TPP-SIK di Kelurahan Entrop dan Kelurahan Numbay hingga ke kampung," ujarnya.

Dia menjelaskan hadirnya mesin anjungan TPP-SIK di tingkat kelurahan maka itu akan menjadikan Kota Jayapura satu data sehingga data penduduk dan mobilisasi penduduk semua terdata dengan baik hingga ke tingkat kelurahan.

Kepala Distrik Jayapura Selatan Maximila Hamadi mengatakan Sistem Informasi Kelurahan (SIK) merupakan sebuah platform digital yang dirancang untuk membantu dalam pengelolaan data dan informasi terkait dengan pembangunan dan pelayanan.

"Salah satu yang disediakan dalam SIK adalah Teras Pelayanan Publik (TPP) yaitu kanal khusus pelayanan surat-surat keterangan kelurahan bagi masyarakat," katanya.

Menurut Hamadi, pihaknya telah menambah tiga mesin anjungan TPP-SIK khususnya pada Kelurahan Argapura, kelurahan Ardipura dan Kelurahan Hamadi.

"Sehingga diharapkan bisa memudahkan warga dalam mencetak dokumen atau surat-surat keterangan warga sebagaimana yang dilayani pada kantor kelurahan," ujarnya.

Dia menjelaskan SIK dengan mesin anjungan TPP-SIK dibuat atas kerja sama pemerintah Kelurahan Argapura, Adipura dan Hamadi bersama pihak penyedia layanan dalam hal ini PT. Estu Web Host yang berdomisili di Wonogiri, Jawa Tengah.

Mesin anjungan TPP-SIK diresmikan Sekretaris Kota Jayapura Frans Pekey di Kantor Distrik Jayapura Selatan, Rabu (26/6).

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024