Sentani, Papua (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jayapura, Papua, akan membangun Dermaga Kampung Putali guna meningkatkan pelayanan penumpang di Danau Sentani.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura Alfons Awoitauw di Sentani, Papua, Rabu, mengatakan pembangunan Dermaga Kampung Putali menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Nilai yang kami usulkan Rp3 miliar, nanti disetujui berapa, apakah lebih atau kurang tetap diterima karena ini merupakan agenda pusat," katanya.

Menurut Alfons, pembangunan dermaga tersebut untuk meningkatkan pelayanan rute di Danau Sentani.

"Dermaga serupa kan sudah ada di beberapa kampung yang disinggahi kapal penumpang di Danau Sentani dan ini juga menjawab permintaan masyarakat untuk adanya dermaga yang baik bagi mereka," ujarnya.

Dia menjelaskan pelayanan kapal penumpang di Danau Sentani berjalan seperti biasa sesuai dengan jadwal yang ada.

"Setiap hari ada pelayanan kapal di Danau Sentani dan hanya bari libur saja yang tidak beroperasi, kapal akan mulai berjalan dari Dermaga Khalkote," katanya.

Dia menambahkan kapal penumpang yang saat ini beroperasi dari Kementerian Perhubungan RI melalui PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

"Kapal yang beroperasi yakni KM Emfote dan KM Itaufilli yang rutenya Khalkote-Yabaso-Yahim Yoboi PP (KM Emfote), dan Khalkote-Waena/Terminal Tipe B-Yoka-Ayapo-Puai PP (KM Itaufilli)," ujarnya.

Dengan dibangunnya Dermaga Kampung Putali, kata Alfons, akan menambah rute penumpang di Danau Sentani sehingga pelayanan akan semakin maksimal.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024