Jayapura (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Jayapura, Papua terus berupaya meningkatkan layanan program gemar membaca bagi anak-anak di daerah ini.

"Program gemar membaca terus ditingkatkan sehingga menjadikan membaca buku sebagai budaya di tengah perkembangan teknologi saat ini," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Jayapura Septinus Ireeuw di Jayapura, Rabu.

Dia menjelaskan kegiatan gemar membaca telah berjalan selama lima tahun dan merupakan program gerakan literasi membaca dan menulis kepada anak usia dini di setiap kampung.

"Sehingga dengan adanya program ini angka minat membaca siswa di kampung tumbuh menjadi 80 persen dari sebelumnya 20 persen," ujarnya.

Pihaknya juga telah menghadirkan perpustakaan keliling di lingkungan SD dan SMP guna memudahkan peserta didik mendapatkan bahan bacaan.

"Dan berdasarkan pemantauan kami sekolah-sekolah banyak yang berprestasi berkat adanya program gemar membaca," katanya.

Selain itu, katanya, angka buta aksara di Kota Jayapura juga menurun karena adanya bantuan pusat kegiatan belajar masyarakat di kampung.

"Sehingga ini menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan pelayanan program gemar membaca," ujarnya.

Dia mengatakan program gemar membaca akan terus berjalan sebagai upaya untuk meningkatkan literasi membaca dan menulis bagi peserta didik di Kota Jayapura.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024