Biak (ANTARA) - Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora ) Kabupaten Biak Numfor, Papua, pada 2024 telah mengajukan usulan proyek pembangunan stadion baru sepakbola dan wisma atlet kepada Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora).

"Lokasi stadion baru yang diajukan untuk disetujui berlokasi di Kampung Ibdi Distrik Biak Timur," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Biak Arius Mirono di Biak, Sabtu.

Selain stadion, Dispora juga mengajukan usulan pembangunan lapangan hoki dan kantor.

Arius mengatakan untuk stadion dan wisma atlet, lapangan atletik serta kantor perlu anggaran kurang lebih Rp80 miliar.

"Untuk usulan persetujuan pembangunan sarana prasarana olahraga di Kabupaten Biak Numfor sudah disampaikan lewat Pj Bupati Sofia Bonsapia dan telah diteruskan kepada Kemenpora di Jakarta," katanya.

Arius menyebutkan dengan adanya rencana pembangunan stadion olahraga baru diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan pembinaan atlet dan pertandingan tingkat nasional.

Mengingat stadion Cenderawasih di Biak Kota saat ini perlu peningkatan fasilitas sarana penunjang seperti lampu stadion, lahan tempat parkir dan papan skor digital.

"Semua fasilitas stadion bertaraf nasional yang sedang diajukan untuk dibangun di Biak diharapkan bisa disetujui pada tahun ini," ucapnya.

Berdasarkan data olahraga prestasi di Kabupaten Biak Numfor, cabang hoki satu-satunya yang sudah berlevel internasional karena atletnya 100 persen memperkuat kontingen PON XXI Aceh-Sumut dan Timnas Sea Games merupakan putra putri asal Pulau Biak.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024