Biak (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyediakan pengobatan terapi oksigen atau hyperbaric chamber (ruangan udara bertekanan tinggi) untuk penyembuhan pasien yang mengalami dekompresi saat menyelam di laut.

"Layanan perawatan pengobatan dengan hyperbaric chamber milik RSUD Biak merupakan satu-satunya di Tanah Papua dan sudah diakui serta terdaftar di Kementerian Kesehatan RI," ujar Direktur RSUD Biak dr Ricardo R. Mayor saat ditemui di Biak, Rabu.

Ia mengatakan, layanan terapi oksigen RSUD Biak sudah memberikan hasil positif bagi kesembuhan salah satu pasien yang matanya nyaris buta karena pengaruh banyak mengonsumsi minuman beralkohol.

Setelah dilakukan pengobatan dengan layanan terapi oksigen, lanjut dia, mata pasien itu sudah bisa kembali melihat dengan normal.

"Ya, layanan hyperbaric chamber yang dimiliki RSUD Biak dapat menjadi alternatif kesembuhan pengobatan pasien," ujarnya.

Ricardo mengakui, manfaat terapi oksigen yang bisa dirasakan di antaranya mengurangi sesak dan memungkinkan pasien untuk bernapas dengan baik.

"Pengobatan ini juga untuk mencegah masalah serius yang dapat terjadi akibat kekurangan oksigen. Pengobatan hyperbaric chamber di RSUD ditangani langsung dokter spesialis," katanya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024