Biak (ANTARA) - Kepolisian Resor Biak, Provinsi Papua, menghadirkan layanan Kopi Keliling (Koling) di tengah kegiatan masyarakat untuk menjalin sinergitas dan menciptakan ruang diskusi untuk warga di daerah itu

Kapolres Biak AKBP Ari Trestiawan dalam keterangan tertulis diterima, Sabtu mengatakan, layanan Kopi Keliling Keamanan dan Ketertiban Masyarakat merupakan salah satu terobosan dan sebagai bentuk upaya Polres Biak Nimfor dalam menciptakan ruang diskusi dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat

"Layanan Koling Kamtibmas dilakukan personel Polwan Polres Biak saat menyajikan kopi kepada masyarakat adat Biak di saat merayakan Hari Masyarakat Adat Internasional yang berlangsung di gedung Aidoram dewan adat jalan di Majàpahit Biak," ujar Ari.

Kapolres Biak Numfor AKBP Ari mengatakan layanan Koling Kamtibmas ini dikenalkan Polres Biak Numfor melalui Satuan Binmas Polres Biak dengan menggunakan mobil penyuluhan Binmas yang dimodifikasi sedemikian rupa seperti kedai kopi dalam mobil.

Mobil Koling Kamtibmas ini, menurut Ari, terlihat parkir dan memberikan suguhan kopi saat menghadiri kegiatan merayakan Hari Masyarakat Adat Internasional, pada 9 Agustus 2024 di Aidoram, Kantor masyarakat adat di Biak.

"Kami berusaha membuka komunikasi dan mendekatkan pelayanan, fokus kita di tempat-tempat keramaian yang menjadi pusat kegiatan sambil memberikan ruang diskusi, antara masyarakat dan juga aparat keamanan," ungkap Kapolres disampaikan Kasi Humas IPDA Joko Susilo.

Kapolres berharap melalui program Koling Kamtibmas ini mampu menjadi sarana ruang mendekatkan diri dengan warga Biak tercipta diskusi yang sehat, dan membangun hubungan baik terhadap masyarakat.

"Terlebih dalam menyambut masa-masa Pilkada 2024, tentu saja ruang diskusi, ide, dan gagasan, maupun keluhan hingga saran masukan, bisa tercipta lewat diskusi dua arah," harapnya.

Diakui Kapolres, komunikasi yang dibangun layanan Koling Kamtibmas akan mengurangi dampak dari ujaran kebencian hingga provokasi yang banyak tersebar di media sosial.

Perlu diketahui Koling Kamtibmas merupakan Program unggulan Polres Biak yang digagas Satuan Binmas dengan menggunakan kendaraan Mobil Binmas Polres yang disulap menjadi kedai kopi Berjalan gratis bagi masyarakat Kabupaten Biak Numfor.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024