Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memperkuat kapasitas jaringan internet guna mensukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Sentani, Kamis, mengatakan saat ini jaringan internet menggunakan operator Telkomsel, Indosat dan Bakti Kemkominfo RI.

“Untuk Bakti Kemkominfo RI di Kabupaten Jayapura direncanakan terbangun 70 tower Base Transceiver Station atau BTS tersebar di 19 distrik Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut Gustaf, pembangunan tower BTS Bakti Kemkominfo RI sejauh ini baru tahap pertama sebanyak 44 tower dan tahap kedua akan dibangun 16 tower, kemudian 10 tower lainnya akan dibangun selanjutnya.

“Tahap kedua sementara sedang berjalan untuk memberikan kemudahan internet bagi orang asli Papua (OAP) di daerah pelosok juga sekaligus mendukung penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya bersama Badan Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) telah melakukan pertemuan dengan Bakti Kemkominfo RI pada April 2024 untuk membahas pembangunan di Papua dalam sektor komunikasi.

“Dalam agenda itu, kami membahas bagaimana dapat membantu tugas-tugas KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024,” katanya.

Dia menambahkan operator Telkomsel dan Indosat pada prinsipnya mendukung penuh tahapan penyelenggaraan Pilkada sehingga dapat berlangsung sukses di Papua khususnya Kabupaten Jayapura.

“Operator komunikasi terkemuka di Indonesia ini akan melakukan pertemuan dengan Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa untuk membahas mengenai Pilkada damai dan sukses di daerah ini,” ujarnya.*

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024