Timika (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah pada 2024 mengelola dana otonomi khusus (otsus) sebesar Rp64 miliar lebih, guna meningkatkan kesejahteraan pada bidang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika Jenny O. Usmani di Timika, Selasa, mengatakan 30 persen dana otsus untuk bidang pendidikan yakni Rp57 miliar lebih dan sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) 2023 yakni Rp7 miliar lebih.

“Jadi total dana otsus 2024 yang dikelola sebesar Rp64 miliar yang mana otsus 2024 Rp57 miliar dan silpa Rp7 miliar,” katanya.

Menurut Jenny, penggunaan dana otsus semata-mata untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Mimika terkhusus Orang Asli Papua (OAP).

“Dana otsus itu sebesar-besarnya bermanfaat bagi OAP, penggunaan dana otsus pada wilayah Kota Timika yakni di Distrik Kwamki Narama berupa pembangunan ruang kegiatan belajar, rumah dinas guru,” ujarnya.

Dia menjelaskan khusus untuk siswa diberikan makan siang gratis, pada wilayah pedalaman yakni pesisir dan pegunungan.

“Dari dana otsus tersebut juga dipergunakan untuk memberikan seragam sekolah gratis bagi siswa OAP mulai dari sepatu, baju, celana juga rok hingga topi,” katanya.

Dia menambahkan, otsus berfokus pada wilayah pedalaman karena mayoritas OAP yakni ada di pesisir dan pegunungan sehingga difokuskan kesana.

“Masyarakat OAP mayoritas di pesisir dan pegunungan sehingga kami memfokuskan bagi masyarakat atau siswa-siswi disana,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024