Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengapresiasi layanan pengabdian Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) selama 62 tahun dalam mencerdaskan anak-anak asli orang Papua (OAP).
 
"Sehingga dalam alokasi dana otonomi khusus pada 2025 layak mendapat porsi anggaran besar karena sejalan dengan tugas pelayanan yang diberikan YPK," ujar Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Biak Numfor ZL Mailoa seusai apel Akbar YPK di Tanah Papua, Kamis.
 
Mailoa mengatakan sekolah YPK di Kabupaten Biak Numfor merupakan yang terbanyak yakni TK/PAUD dan SD sebanyak 74 sekolah, SMP lima sekolah dan SMA/SMK lima sekolah.
 
Sejak sekolah didirikan YPK hingga saat ini jumlah peserta didik yang bersekolah mencapai 5.000-an siswa.
 
Bahkan sekolah YPK di Tanah Papua sejak 62 tahun berdiri hingga 2024, menurut Mailoa, telah banyak melahirkan pemimpin daerah bupati, wali kota, gubernur, komandan satuan TNI/Polri hingga pimpinan organisasi perangkat daerah di kabupaten/kota se Tanah Papua.
 
"Salah satu alumni YPK yang saat ini menjabat menjadi Penjabat Bupati Sofia Bonsapia merupakan alumni SMA YPK," katanya.
 
Dukungan Pemkab Biak Numfor terhadap sekolah YPK setiap tahun tetap diberikan seperti pembangunan ruangan dan rehabilitasi gedung sekolah.
 
Perhatian Pemkab Biak terhadap YPK, menurut Mailoa, memberikan dukungan kepada tenaga guru yang diangkat jadi ASN dan diperbantukan di sekolah yayasan.
 
"Termasuk dukungan anggaran pengembangan sekolah YPK akan terus menjadi komitmen pemda," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Badan Pekerja YPK Papua Joni Y Betaubun mengatakan sejarah berdirinya YPK di Tanah Papua pada 8 Maret 1962.
 
Apel akbar YPK diadakan di Biak Numfor karena kabupaten ini punya banyak berdiri sekolah YPK dari TK PAUD hingga SMA/SMK.
 
"Kami memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Sofia Bonsapia, Plt Sekda ZL Mailoa dan mantan Bupati Biak Numfor periode 2019-2024 Herry Ario Naap yang menjabat koordinator wilayah II PSW YPK Biak-Supiori.
 
"Atas dedikasi dan perhatian terhadap sekolah YPK di Kabupaten Biak Numfor kami memberikan penghargaan untuk mantan Bupati Herry Ario Naap, Pemkab Biak dan para pendeta," katanya.
 
Apel Akbar YPK Biak dihadiri juga Wakil Sekretaris BP AM Sinode Pdt Handry WD Kakiay, Staf Ahli Mensos Benhur Tommy Mano dan Korwil II YPK Herry Ario Naap.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024