Jayapura (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua memberikan sosialisasi terkait pengawasan pemilu partisipatif bagi mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen) di Jayapura, Jumat.

Komisioner Bawaslu Papua Bidang Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, Yofrey Piryamta, mengatakan mahasiswa merupakan bagian masyarakat yang melekat dengan media sosial dan juga memiliki jangkauan dalam mendapatkan informasi lebih cepat.

"Tetapi juga berpotensi berpikir kritis dalam menanggapi situasi yang saat ini berkembang menjelang pilkada, dengan demikian kami melakukan sosialisasi partisipatif dengan pemilih pemula yaitu para mahasiswa," katanya.

Menurut Yofrey, Uncen merupakan salah satu lembaga pendidikan di Papua yang bekerja sama dengan Bawaslu sehingga memang harus dilaksanakan sosialisasi terkait pengawasan Pilkada Serentak 2024.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut juga merupakan upaya dari Bawaslu Papua untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pilkada.

"Untuk itu kami berharap semua masyarakat bisa bersama-sama mengawal semua tahapan pilkada di Papua, sehingga berjalan dengan baik dan tidak terjadi pelanggaran," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga berharap mahasiswa yang mendapatkan materi dalam sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif ini dapat melanjutkan kembali informasi yang diterima kepada masyarakat dan juga setiap komunitas.

"Kami percaya mahasiswa mampu melakukan pengawasan pilkada 2024 di Papua," katanya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024