Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa meminta organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyiapkan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) setiap bulan guna menunjang pelayanan kepada warga secara maksimal.

“Kami pikir layanan pemerintahan bisa diukur melalui seberapa rajin OPD membuat LPPD sebagai bentuk pelayanan kepada warga,” kata Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa di Sentani, Kamis.



Menurutnya, OPD di Kabupaten Jayapura sebanyak 54 instansi meliputi dinas, badan maupun distrik, dan harus bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) agar penyelenggaraan pemerintahan daerah (pemda) berjalan baik.

“OPD di Kabupaten Jayapura harus bekerja sesuai tupoksi, sehingga program yang dikerjakan benar-benar maksimal dalam sebuah penyelenggaraan pemerintah daerah,” kata Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa di Sentani, Kamis.

Menurut dia, pimpinan OPD wajib hukumnya memerintahkan jajarannya bekerja sesuai apa yang telah diprogramkan atau telah tersusun supaya ketika membuat LPPD bisa sesuai dengan apa yang selama ini dikerjakan.

Dia menilai ketika ada rapat menindaklanjuti LPPD masih banyak OPD yang belum membuat laporan kinerja yang telah dilakukan.

“Kami berharap kondisi seperti ini segera diubah supaya arah program yang telah dikerjakan berjalan dengan baik dan benar sesuai kondisi di lapangan,” katanya.

Dia menambahkan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Jayapura belum bisa dibuat kalau LPPD setiap OPD belum tuntas.



“Ini semua saling keterkaitan satu dengan lainnya, sehingga LKPJ Bupati Jayapura kalau mau selesai, selesaikan dahulu LPPD dengan dukungan penuh OPD,” ujarnya.

Dia menyadari bahwa penyelenggaraan pemerintah daerah tidak bisa berjalan optimal tanpa dukungan semua OPD di Kabupaten Jayapura. “Dukungan dan sinergisitas antara OPD perlu ditingkatkan, sehingga penyelenggaraan pemerintah daerah akan sesuai dengan laporan yang dikerjakan,” katanya.

Rapat menindaklanjuti hasil laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) dan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Jayapura 2023 berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Kamis.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024