Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua mengharapkan 30 anggota DPRD setempat periode 2024-2029 bisa menjalankan tugas dengan baik.

Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Jayapura periode 2024-2029 dilantik dan mengambil sumpah janji dalam rapat paripurna pada Selasa.

Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa di Sentani mengatakan, sebanyak 30 anggota DPRD yang dilantik saat ini akan menjadi mitra pemerintah dalam mengawal pembangunan selama lima tahun ke depan.

“Kami mempunyai harapan besar 30 anggota DPRD ini akan bersama-sama membangun kabupaten ini lebih baik lagi dengan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan,” katanya.

Menurut dia,  dengan ketiga fungsi ini maka DPRD akan menjadi mitra sekaligus pengawas supaya program dan kegiatan yang dijalankan sesuai dengan aturan.

“Keseimbangan roda pemerintahan dapat berjalan baik ketika teman-teman DPRD ikut terlibat di dalamnya dengan masukan, penganggaran sehingga semua berjalan sesuai mekanisme,” ujarnya.

Dia menjelaskan,pdengan kehadiran 30 anggota DPRD akan membantu membuat peraturan daerah (Perda) yang sesuai kebutuhan rakyat, menyetujui setiap anggaran yang diusulkan pemerintah serta mengamati kebijakan pemerintah.

“Fungsi kontrol ini supaya teman-teman organisasi perangkat daerah (OPD) tidak asal-asalan dalam melaksanakan program dan kegiatan sehingga sasarannya tepat,” katanya.

Dia mengharapkan, anggota  DPRD yang baru ini bisa mengawal setiap aspirasi rakyat di 139 kampung dan lima kelurahan sehingga program dan kegiatan yang dikerjakan pemerintah dapat tepat sasaran.

Berikut 30 nama anggota DPRD Kabupaten Jayapura periode 2024-2029, yakni  Jean Klief Marwer (PKB), Wilhelmus Manggo (PKB), Piet H Soyan (PKB), Musa Apaseray (Gerindra), Lerry P Suebu (Gerindra), Purwanto (PDIP), Patrinus RN Sorontou (PDIP).

Sihar L Tobing (Golkar), Willem Felle (Golkar), Sisca Marweri (Golkar), Irsandi Lulumbara (NasDem), Ruddy Bukanaung (NasDem), Alfred Kreutha (NasDem), Klemens Hamo (NasDem), Libert Entong (Gelora), Mashita KS Idar (PKS), Natalia D Sule (PKN), Bob YS Banundi (PKN).

Herman Oyaitouw (Hanura), Paskaria A Wally (Demokrat), Angganetha Wally (Demokrat), Petrus Hamokwarong (Demokrat), Seblom Dwaa (PSI), Ferianto R Lawa (Perindo), Daud Batti (Perindo), Billy TZ Suwae Y (Perindo), Muhammad Akbar (PPP), Abdul Gani Fatah (PPP), Nadison Karoba (Partai Ummat, Anthonius Hawase (Partai Ummat).

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024