Sabtu, 19 Agustus 2017

Direktur: RSUD Abepura penuhi standar SDM tipe B

id Direktur: RSUD Abepura penuhi standar SDM tipe B, Papua, kesehatan
Untuk sumber daya manusia, baik tenaga dokter maupun tenaga penunjang, di RSUD Abepura sudah memenuhi standar tipe B jadi kita mau usulkan agar rumah sakit ini menjalankan pelayanan dengan standar tipe B
Jayapura (Antara Papua) - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura Kota Jayapura Niko Baren menyatakan sumber daya manusia di rumah sakit yang dipimpinnya itu, baik dokter maupun tenaga penunjang, sudah memenuhi standar rumah sakit tipe B.

"Untuk sumber daya manusia, baik tenaga dokter maupun tenaga penunjang, di RSUD Abepura sudah memenuhi standar tipe B jadi kita mau usulkan agar rumah sakit ini menjalankan pelayanan dengan standar tipe B," kata Niko di Jayapura, Sabtu.

Menurut dia, peralatan dan fasilitas pendukung lainnya di rumah sakit itu yang masih harus dibenahi dan ditambah, seperti penambahan bangunan dan pengadaan fasilitas pendukung yang belum ada.

"Pada tahun ini kami berupaya melengkapi peralatan yang masih kurang dan peralatan yang diupayakan untuk diadakan itu benar-benar dibutuhkan sehingga langsung dipakai," ujarnya.

Terkait dengan tenaga dokter, dia mengakui bahwa ketersedian dokter spesialis memang masih kurang sehinggu perlu ada tambahan meski untuk memenuhi standar sebuah rumah sakit tipe B sudah cukup.

Dokter spesialis yang bertugas di RSUD Abepura, yakni dokter spesialis anak empat orang, dokter spesial bedah sebanyak empat orang, dokter ortopedi dua orang, spesialis penyakit dalam dua orang, dan dokter spesial kandungan dua orang.

"Dokter spesialis kandungan ini yang memang agak kurang karena pelayanan kedua dokter ini kurang maksimal. Kami cari dokter spesialis ini juga susah," ujarnya.

Untuk sementara ini, lanjut dia, pihaknya sedang menunggu kedatangan satu dokter spesialis kandungan untuk membantu dua dokter spesialis kandungan yang sudah ada.

"Kami sudah kontak dokter spesialis itu dan mungkin dalam waktu dekat dokter itu sudah datang," ujarnya. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga