Jayapura (Antara Papua) - Sekitar dua ribuan masyarakat yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa menggelar aksi demo damai di beberapa titik Kota Jayapura menolak tim pencari fakta tentang HAM di Papua.

Berdasarkan informasi dan pantauan di lapangan, Rabu, aksi demo tersebut dimulai sejak pukul 09.30 WIT hingga petang ini masih berlangsung.

Dua ribuan massa itu menamakan diri Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang juga menolak rencana kunjungan Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan dan Matius Murib dengan rombongan yang mengatasnamakan tim pencari fakta ke Papua.

"Kami rakyat Papua dengan tegas menolak tim penanganan pelanggaran HAM buatan Jakarta," kata salah satu pendemo, Gedi Kogoya.

Hingga petang, ribuan massa itu masih berkumpul dan menari di Jalan Raya Abepura tepatnya di depan Bank BNI atau lebih dikenal lampu merah Abepura, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Nampak juga, aparat kepolisian dari Polres Jayapura Kota yang dibantu pasukan Brimob dan sejumlah personil dari Polda Papua dengan sigap mengawal aksi demo tersebut.

Satuan lalu lintas dari Polsek Abepura juga terlihat mengatur kelancaran arus lalu lintas yang sempat macet beberapa jam lamanya.

Aksi demo ini juga membuat sejumlah pertokoan, pompa bensin dan perkantoran serta sekolah memilih tutup dan libur. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024