Jayapura (Antara Papua) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) provinsi mengirim satuan tugas imunisasi untuk mengecek pelaksanaan imunisasi di 15 kabupaten yang menjalankan program Gerakan Bangkit Mandiri dan Sejahtera Harapan Seluruh Rakyat Papua bidang kesehatan.

Kepala Bidang Pencegahan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr Aaron Rumainum di Jayapura, Kamis, mengatakan satgas imunisasi dan tim PKK yang turun bersama-sama untuk mengecek cakupan imunisasi yang dilakukan di 15 kampung di setiap kabupaten yang melaksanakan program Gerbangmas Hasrat Papua di bidang kesehatan.

"Jadi, tim itu terdiri dari PKK Provinsi dan satu tim lagi dari Dinas Kesehatan Papua yang terdiri atas lintas bidang, jadi ada dari bidang program dan dari bidang Pencegahan dan Penangulangan Penyakit," ujarnya.

Aaron menjelaskan tim yang diturunkan akan bekerja selama 10 hari di 15 kabupaten, 30 distrik dan 60 kampung yang menyelenggarakan program Gerbangmas Hasrat Papua bidang kesehatan.

Kelima belas kabupaten tersebut di antaranya Kabupaten Supiori, Kabupaten Waropen, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Paniai.

Selanjutnya Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo.

Selama menjalankan tugas, mereka akan berkoordinasi dengan tim dari Dinas Kesehatan masing-masing kabupaten dan tim dari PKK kabupaten untuk sama-sama mengecek sampai sejauh mana cakupan imunisasi yang sudah dilakukan di kampung-kampung khusus gerbangmas hasrat Papua.

"Ada juga rekrutmen anggota tim dari luar yang dilibatkan dalam tim Dinas Kesehatan yakni ada ahli kebidanan dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jayapura, ada dokter lulusan dari Universitas Cenderawasih, sementara anggota yang terlibat dalam tim PKK adalah seluruh anggota PKK provinsi,"

Dia mengatakan untuk tim PKK selain melihat imunisasi, mereka juga akan melihat program dasa wisma di masing-masing kabupaten yang didatangi.

Ia menambahkan tim pertama sudah berangkat pada Kamis (15/9) sementara tim yang lainnya akan menyusul berangkat pada Jumat (16/9).

"Hari ini tim dari Sarmi sudah berangkat dan besok tim-tim yang lain akan menyusul berangkat yakni tim Pania, Deiyai, Dogiyai, Yalimo, Boven Digoel dan Puncak Jaya. Tim yang ke Kabupaten Pegunungan Bintang akan berangkat pada Senin (19/9)," ujarnya. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024