Jayapura (Antara Papua) - Manajemen PT. Pelindo IV melakukan perbaikan sebagian lapangan penumpukan di Pelabuhan Jayapura untuk memaksimalkan proses keluar masuk barang di lokasi tersebut.

"Ini adalah program investasi 2016 untuk pembangunan `rafting seaway` (lapangan penumpukan) dan pembangunan jalur RTG. Juga untuk memperluas lapangan penumpukan dan menambah panjang jalur RTG," ujar Manager Teknik PT. Pelindo IV cabang Jayapura Rachmadani, di Jayapura, Selasa.

Ia menjelaskan luas lapangan penumpukan yang dibangun 6.000 meter persegi, sementara luas areal totalnya mencapai 2,5 hektare, dan mampu memuat sekitar 6.664 kontainer.

"Jadi dulunya sudah rusak dan kini kita bangun dan samakan levelnya dengan lapangan yang lain karena sebelumnya dia ada di bawah. Ini kami kerja mulai Juni dan ditargetkan selesai Desember 2016, anggarannya sekitar Rp3 miliar," kata dia.

Sementara Manager Pelayanan Jasa dan Aneka Usaha Pelindo IV Cabang Jayapura, Balthasar Uniwally menjelaskan investasi ini untuk peningkatan mutu lapangan penumpukan yang dulunya dibuat dengan standarisasi yang cukup baik, hanya saja yang kali ini dibuatkan sekaligus dengan jalur RPG.

"Ini dibuat supaya penumpukan peti kemas bisa lebih baik, jadi sama dengan peningkatan mutu layanan. Jadi kalau sebelumnya penumpukan bisa mencapai empat, dengan RPG bisa sampai lima tumpukan," ujar dia.

Dengan peningkatan tersebut, ia berharap jumlah penumpukan peti kemas bisa meningkat setelah pada 2015 mengalami penurunan.

"Di 2015 ada penurunan di banding 2014 yang mencapai 82.000 theus, sedangkan pada 2015 hanya 78.000 theus," kata Baltashar. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024