Jayapura (Antaranews Papua) - Sebanyak delapan orang masih dirawat di RSUD Merauke, Papua, karena keracunan setelah mengonsumsi makanan pada resepsi pernikahan yang dilaksanakan di gedung serba guna Vertenten, Minggu (9/9) malam.

"Awalnya pada Senin (10/9) pagi dilaporkan 27 orang mengalami keracunan sesaat setelah makan di acara resepsi pernikahan dan dibawa ke RSUD Merauke. Setelah dilakukan pertolongan 19 orang lainnya dizinkan pulang," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Kamal di Jayapura, Senin.

Kamal mengatakan delapan orang yang masih dirawat di RSUD Merauke, empat orang diantaranya anak-anak.

Delapan korban keracunan makanan yang masih dirawat di RSUD Merauke yaitu Alfa Mahuse (5),Virgin Maria Mahuse (12),Veronika Basik-Basik (8), Jhon Travolta (10), Deasy Maramis (38), Marlin Popy Yanti Reimau (20), Fonce Kutangi (21), dan Grasia (18).

Kasus keracunan makanan itu pun sudah ditangani Polres Merauke, dan para saksi sudah diperiksa serta dilakukan pengambilan sampel makanan serta bahan makanan yang digunakan.

"Sisa makanan yang disajikan saat kegiatan tersebut sudah diamankan dan akan dikirim ke BPOM di Jayapura," kata Kamal seraya menambahkan para korban menjalani perawatan medis di RSUD sejak pukul 03.00 WIT hingga 06.00 WIT.

Awalnya para korban menggeluh pusing, mual dan diare yang berlanjut sehingga dibawa ke RSUD Merauke untuk mendapat pertolongan.

"Makanan yang disajikan saat resepsi dilaksanakan berupa sate rusa, saus sambal, sayur kangkung dan sup," kata Kombes Kamal.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024