Asmat (ANTARA) - Seratusan kepala keluarga di Kampung Kamur, Distrik Pantai Kasuari, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, kini menikmati penerangan setelah pemerintah setempat menyediakan satu mesin pembangkit listrik di desa tersebut.

Mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berkapasitas 200 KVA itu diresmikan oleh Bupati Asmat Elisa Kambu belum lama ini.

Acara itu dihadiri Asisten II Setda Daniel Rumburen, Kepala Dinas Perindagkop Jasmin Basir, Kepala BPKAD Hallason Frans Sinurat, Kepala Bakesbangpol Rulan Yambise, para tokoh dan warga.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan mesin pembangkit tersebut akan memasok kebutuhan listrik bagi seratusan kepala keluarga di Kamur.

“Nanti petugas akan menyambung kabel ke rumah-rumah, dengan begitu listrik akan menyala dan semua warga bisa menikmati penerangan,” kata Elisa.

Untuk mendukung operasionalisasi mesin pembangkit listrik di Kamur, kata Elisa, Pemerintah Kabupaten Asmat akan memasok bahan bakar minyak secara berkala.

“Kita harapkan agar warga merawat alat ini dengan baik. Mesin ini milik kita sendiri, jadi jaga sebaik-baiknya supaya kita tetap menikmati listrik,” katanya.

Menurutnya aset pemerintah itu akan sangat bermanfaat bagi warga, terutama mendukung anak-anak sekolah dapat belajar pada malam hari. Selain itu menunjang pembangunan kesehatan dan ekonomi masyarakat.

“Juga menunjang aktivitas masyarakat di gereja, masjid dan fasiltias umum lainnya yang ada di Pantai Kasuari,” ujar Elisa.

Ia menambahkan penyediaan mesin pembangkit listrik tenaga diesel di Pantai Kasuari dan sejumlah distrik lainnya akan sangat membantu perekonomian masyarakat.

“Selama ini warga pakai genset untuk penerangan, dengan adanya mesin ini akan sangat membantu ekonomi keluarga,” katanya. (*/adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024